ARSA Toraja, Edukasi Kesehatan Pada Puluhan Anak Disabilitas di Toraja Utara

INDONESIA-UPDATE.COM, TORAJA UTARA – Komunitas ARSA, gelar kegiatan “Aku Sehat” di sekolah penyandang Disabilitas RBM Bua, Tangmentoe, Toraja Utara, pada Selasa, (25/9/2018).

Kegiatan ini dihadiri sekitar 30 murid dan 10 guru RBM, dimaksudkan untuk mengedukasi para murid Disabilitas untuk hidup sehat walaupun penuh dengan keterbatasan.

Kegiatan yang digelar dalam bentuk edukasi sehat ini, juga sekaligus merayakan ulang tahun komunitas ARSA yang pertama hadir di Toraja, yang merupakan binaan dari CT. ARSA Foundation milik Anita Chairul Tanjung, yang dirayakan dengan pemotongan tumpeng.

Beberapa kegiatan yang dilakukan, yakni Edukasi Gunting Kuku, yang dipandu oleh Kak Firmita (volunteer), Tim juga membagikan gunting kepada setiap anak, kemudian mendampingi dalam melakukan gunting kuku.

“Kita harapkan lewat kegiatan Aku Sehat ini dapat mengedukasi setiap anak untuk menggunting kuku serta murid RBM tetap menjaga kebersihan kuku walaupun dalam berbagai keterbatasan,” Ungkap, Nova, Ketua Komunitas ARSA Toraja, Selasa (25/9/2018).

Tidak hanya itu saja, Tim ARSA juga menggelar Edukasi cuci tangan, yang dipandu Angel dari Tim ARSA, dengan membagikan sabun kepada setiap murid, kemudian dibimbing cara mencuci tangan yang benar dan tepat, dengan tujuh langkah cuci tangan.

“Edukasi cuci tangan juga dilakukan, dengan harapan edukasi cuci tangan ini terus dilakukan dan dipraktekkan oleh murid, baik dirumah maupun disekolah,” tambah Nova.

Selain itu Edukasi Sikat Gigi juga digelar, yang dipandu oleh Wirda dari Tim ARSA dengan membagikan pasta gigi beserta sikat gigi kepada setiap murid, kemudian memberikan edukasi cara sikat gigi yang benar dan tepat.

“Saya turut bersukacita atas kedatangan komunitas ARSA, khususnya dalam memberikan beberapa edukasi yang mereka sendiri sebagai gurunya,” Kata, Milka Sarungallo Lande’, Kepala Sekolah RBM.

Kegiatan ini disambut antusiasw dan penuh kebahagiaan dengan pembagian bingkisan dan donasi, kepada setiap anak dan guru, kemudiam dilanjutkan dengan makan bersama. (UP/IU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here