Kopi Toraja Jadi Primadona di Argentina

INDONESIA-UPDATE.COM, ARGENTINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Buenos Aires, Argentina, memperkenalkan produk kopi spesial Indonesia kepada masyarakat negeri tango. Dengan semakin membudayanya kopi spesial atau specialty coffee di Argentina, tenda-tenda kopi pun kini mulai menjamur di beberapa kota besar seperti Buenos Aires, Rosario, Cordoba, dan Mendoza.

Hal itu lantas dimanfaatkan KBRI Buenos Aires untuk memperkenalkan masyarakat Argentina kepada kopi spesial Indonesia yang sudah memiliki nama di dunia internasional. Upaya promosi antara lain dilakukan dengan mengadakan acara Coffee Tasting Kopi Spesial Indonesia di Buenos Aires.

“Kami melihat adanya tren baru di Argentina, khususnya di Buenos Aires, yaitu tenda-tenda kopi yang menyajikan kopi premium mulai bermunculan. Dalam hal ini, Indonesia siap untuk ikut jadi pemain utama,” ujar Duta Besar RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie, melalui siaran pers yang diterima, Kamis Kemarin (31/5/2018).

Argentina hingga saat ini adalah importir kopi terbesar di Amerika Latin. Adapun kopi yang diimpor ke negeri itu sekira 85 persennya berasal dari Brazil untuk kopi robusta dan dari Kolombia untuk kopi arabika. Pada 2016, Argentina mengimpor sebanyak 25,6 ton biji kopi senilai 79,4 juta dolar AS.

Dalam acara Coffee Tasting di Buenos Aires itu, para pecinta kopi, jurnalis, dan barista disuguhi kopi spesial Indonesia, seperti kopi gayo dari Aceh, kopi mandailing dari Sumatera Utara, java preanger dari Jawa Barat, kopi toraja dari Sulawesi Selatan, dan kopi bajawa dari Flores NTT.

Para pengunjung yang hadir pun merasa dikejutkan dengan beragamnya rasa kopi spesial yang dimiliki Indonesia. Hampir seluruh pengunjung memilih kopi toraja dan gayo sebagai yang paling nikmat dalam acara tersebut.

“Kopi toraja memiliki aroma dan rasa yang kaya. Saya yakin, kopi seperti ini akan menjadi primadona di Argentina,” tutur Charlie, seorang barista yang hadir dalam acara tersebut.

Acara Coffee Tasting di Buenos Aires diselenggarakan atas kerja sama KBRI Buenos Aires dan Kedai Kopi LatteNte yang dikelola oleh diaspora Indonesia, Zehan Nurhadzar. (UP/IU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here